Home » , , » manfaat dan kegunaan jeruk untuk kesehatan tubuh

manfaat dan kegunaan jeruk untuk kesehatan tubuh



29.Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan jika dikonsumsi secara rutin

 




Manfaat jeruk selain sebagai kesehatan juga berguna untuk kecantikan berikut 29 macam manfaat jeruk

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, sekitar kurang dari 2% orang dewasa di Amerika Serikat tidak memenuhi asupan harian kalium mereka sebanyak  4700 mg. Akibatnya mereka banyak yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.
Berdasarkan penelitian tadi, jeruk akan bisa menurunkan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Ini karena kandungan Hesperidin, Kalium dan Magnesium yang ada pada jeruk. Senyawa inilah yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi Anda, Jadi untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, konsumsilah buah jeruk secara rutin.

2. Mencegah Kanker

Buah jeruk bisa mencegah penyakit kanker, seperti kanker mulut, kanker kulit, kanker paru-paru,kanker payudara, dan kanker usus besar. Kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker karena kandungan D-limonene yang ada pada buah jeruk merupakan senyawa anti kanker. Selain sumber baik dari manfaat antioksidan, kandungan vitamin C jeruk juga bisa memerangi pembentukan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker.


3. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi buah jeruk tiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol Anda, karena buah jeruk ini ada kandungan Pectin dan Hesperidin yang terkandung didalamnya yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol.
Baik untuk kolesterol: Manfaat kacang Almond

4. Menurunkan resiko terkena stroke

Menurut American Heart Association, orang yang sering mengonsumsi buah jeruk dengan senyawa yang lebih tinggi secara rutin, akan mampu menurunkan risiko stroke iskemik untuk wanita sekitar 19 % lebih rendah dari pada wanita yang tidak mengonsumsi buah tersebut.
Peneliti tersebut menambahkan, bahwa buah jeruk mengandung berbagai macam mineral alami, mulai dari zat besi sampai kalium yang baik sekali untuk menjaga sistem peredaran darah. Apabila dikonsumsi secara rutin, khasiat jeruk untuk mencegah stroke akan sangat efektif.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kolin, vitamin C, dan kalium yang terdapat pada buah jeruk menurut para ahli baik untuk menjaga kesehatan jantung secara optimal dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas.
Untuk menjaga kesehatan jantung dalam tubuh, asupan kalium sangatlah penting , terlebih kalau peningkatan kalium di ikuti juga dengan turunnya kadar natrium dalam tubuh.
Dengan mengonsumsi 1 buah jeruk setiap hari, maka seseorang mendapatkan asupan kalium sebanyak 4069 mg dan memiliki resiko kematian akibat penyakit jantung 49 % lebih rendah dari pada orang yang kurang mengkonsumsi kalium (sekitar 1000 mg per hari).

6. Bermanfaat untuk sistem alkali tubuh

Alkali adalah suatu proses penyeimbangan keasaman dalam tubuh. Meskipun buah jeruk memiliki rasa asam tinggi, namun jika dikonsumsi sebenarnya tidak akan menimbulkan gangguan keseimbangan zat asam.
Badan Kesehatan Internasional (WHO) mengungkapkan bahwa jeruk mempunyai senyawa mineral alkali cukup tinggi. Senyawa itulah yang cukup bermanfaat bagi keasaman dalam tubuh.

7. Jeruk sumber karbohidrat dan kalori

Jeruk sama seperti pada semua jenis buah-buahan yang memiliki gula alami di dalamnya, namun jeruk cuma mempunyai indeks glikemik 40. Apapun karbohidrat yang dibawah indeks glikemiks 55 dianggap rendah.
Artinya, selama tidak memakan jeruk secara berlebihan dalam satu waktu, tidak akan mempengaruhi dan menyebabkan masalah insulin atau berat badan akibat gula darah dalam tubuh meningkat.

8. Jeruk menjaga mata tetap sehat

Mengonsumsi buah jeruk secara rutin dipercaya bisa mencegah degenerasi makula pada mata. Kandungan nutrisi dan tingginya vitamin serta mineral dapat membantu menjaga kesehatan mata. Jadi dengan mengkunsumsi buah jeruk secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda secara alami. 


9. Menjaga fungsi otak

Buah jeruk memberikan manfaat pada otak anda karena kandungan asam folat yang berdasarkan penelitian dapat membantu perkembangan otak. Asam folat atau vitamin B9 yang ada pada setiap bulir jeruk sangatlah penting untuk menjaga perkembangan otak dan menjaga organ vital agar dalam kondisi yang optimal.
Selain itu jeruk juga mempunyai kandungan fitonutrien atau polifenol yang mampu membantu meningkatkan memori otak.

10. Mengobati sariawan

Manfaat jeruk satu ini pasti sudah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai obat manjur untuk sariawan. Berdasarkan penelitian, memang betul khasiat buah jeruk untuk sariawan cukup besar.
Karena buah jeruk mengandung vitamin C dan mempunyai senyawa antibakterial yang tinggi. Walau terasa perih saat dikonsumsi, tapi kandungan antibakterial dan vitamin C tersebut yang mampu membantu menyembuhkan penyakit sariawan Anda.

11. Menjaga kesehatan ginjal

Konsumsi buah jeruk bisa menjaga kesehatan organ ginjal, terutama untuk menjaga organ ginjal dari penyakit batu ginjal. Mengonsumsi buah jeruk secara rutin penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan menghindari penyakit batu ginjal.

12. Menjaga kesehatan tulang

Jeruk mengandung berbagai macam mineral alami. Terutama kandungan mineral kalsiumnya. Kandungan kalsium dapat menjaga kesehatan tulang, membuat tulang menjadi kuat, mencegah kekeroposan tulang, dan masih banyak lagi. Tercatat sekitar 180 gram jeruk memuat 7% kebutuhan harian kalsium bagi tubuh kita. Jadi sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi buah jeruk secara rutin agar kesehatan tulang tetap terjaga.

13. Membantu pembentukan masa otot

Jeruk mengandung protein yang cukup tinggi untuk membangun sel-sel tubuh secara optimal, terutama untuk otot. Jadi untuk Anda yang ingin memiliki tubuh berotot, disarankan untuk selalu mengonsumsi jeruk secara rutin setelah selesai berolahraga. 

14. Mampu melancarkan dan merawat sistem pencernaan

Manfaat jeruk bagi sistem pencernaan cukup besar. Karena jeruk memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui, serat sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan dan memudahkan BAB.

15. Mencegah kram dan kesemutan

Saat sedang melakukan aktivitas berlebih, kadang otot sering mengalami kram dan kesemutan. Selain karena aktivitas berlebih, kram juga disebabkan karena kurangnya kalium dan potassium dalam tubuh.
Seperti pada manfaat pisang, jeruk juga mengandung potassium yang cukup tinggi. Potassium dan kalium dalam jeruk akan bekerja dengan optimal sehingga membantu mencegah terjadinya kram.

16. Meningkatkan imunitas

Banyak sekali kita temui suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.

17. Menyeimbangkan pH

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH merupakan hal penting karena merupakan faktor penentu apakah Anda sehat ataupun sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang maka Anda akan sakit. Jeruk nipis yang asam akan menyeimbangkan pH tubuh Anda.



18. Mencegah kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

19. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Jeruk nipis juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

20. Membantu mengobati asam urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.

21. Menurunkan kolesterol

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.
Caranya:
  1. Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
  2. Tambahkan 1 gelas air hangat
Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.

22. Menyehatkan ginjal

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.


23. Menurunkan berat badan

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh
Caranya:
  1. Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Segelas air panas
  4. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  5. Konsumsilah secara rutin

24. Menjaga berat badan ideal

Cara kerjanya sama dengan poin 2, yakni jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga, minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan ideal Anda terjaga.

25. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Anti bakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.
Caranya:
  1. Peras 2 buah jeruk nipis
  2. Campurkan dengan segelas air hangat
  3. Lalu gunakan untuk berkumur

26. Memutihkan gigi

Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.
Caranya:
  1. Peras 1 buah jeruk nipis
  2. Masukkan dalam segelas air hangat
  3. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang
Atau:
  1. Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis
  2. Sejumput garam
  3. Campur hingga berbentuk pasta
  4. Oleskan pada gigi

27. Meredakan radang tenggorokan

Ketika sedang mengalami radang tenggorokan tentu rasanya tidak enak karena Anda akan mengalami kesusahan untuk menelan makanan
Caranya:
  1. Peras 1 buah jeruk nipis
  2. Tambahkan 3 sdm madu
  3. Minum 2 kali sehari, sekali minum 2 sdm

28. Menghilangkan bau badan atau ketiak

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.
Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika Anda mengaplikasikan deodoran pada ketika Anda. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

29. Menghilangkan panu

Flavonoid adalah antioksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pada jeruk nipis. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Dan juga asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang handal. Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C.
Dalam mengaplikasikannya sebagai cara untuk menghilangkan panu, Anda perlu untuk mencampur jeruk nipis dengan belerang. Belerang mengandung senyawa yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat, virus, penyebab panu dan lainnya. Hal ini dikarenakan adanya zat keratolitik.
Caranya:
  1. 1 sdm air perasan jeruk nipis
  2. 1 sdm belerang ditumbuk halus
  3. Campurkan hingga keduanya menjadi krim
  4. Oleskan pada panu
  5. Diamkan sampai mengering
  6. Lalu bersihkan dengan air hangat

Thanks for reading & sharing healty

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar